Penerapan Model Project Based Learning Dalam Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Pada Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi

Authors

  • Suci Hayati Suci universitas jambi
  • Destrinelli Universitas Jambi

Keywords:

PjBL, Micro Learning, PGSD Students

Abstract

Mahasiswa PGSD perlu dipersiapkan untuk lebih memantapkan profesi guru tentu saja harus didukung oleh ilmu, teori atau pengetahuan-pengetahuan ilmiah yang teruji. Dengan demikian akan semakin memperkuat keyakinan pihak-pihak yang terkait dengan profesi guru tersebut. Salah satu metode ilmiah untuk menguji kebenaran pengetahuan, teori atau konsep-konsep dalam keguruan khususnya berkenaan dengan pembelajaran adalah melalui percobaan (eksperimen), diharapkan dapat mampu melaksanakan pembelajaran di SD dan menerapkan juga pembelajaran model Project Based Learning untuk siswa SD yang berkaitan keterampilan mengajar ataupun konsep didaktiknya. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran adalah keterlibatan mahasiswa secara mental dalam proses pembelajaran melalui kesempatan untuk mengalami kondisi atau situasi tertentu sebagaimana yang terjadi dalam kenyataan (experiental learning). Keterlibatan ini akan menjadikan proses belajar menjadi menarik dan relevan bagi mahasiswa.

References

Aniza, N., Maharani, S.D., Gandi. I. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas III. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. Volume 8, Nomor 2.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Budiharti. (2014). Inovasi Pembelajaran dengan Menerapkan Project Based Learning pada Mata Kuliah

Pemrograman Pembelajaran Interaktif I. Elementary School 1 (2014) 107-118.tive thinking in the decision management science. USA: University of Cincinnati.

Karim, S.A. (2022). Manajemen dan Pelaksanaan Pengajaran Mikro (Microteaching). Cipta Media Nusantara: Surabaya.

Lestari, I.S., Zaenuri., Mulyono. (2022). Literasi Matematika ditinjau dari Self Efficacy dengan Menggunakan Problem Solving Learning Model dengan Strategi Scaffolding. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. Volume 9, Nomor 1.

Mahmudin, A. (2010). Mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis. Makalah pada Konferensi Nasional Matematika XV Unima: Manado.

Moursund, D. (1999). Project-Based Learning Using Information Technology. Eugene, OR: International seciety for technolgi in education

Rodzikin, K., Cahya, D.M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 4 Palembang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. Volume 10, Nomor 1.

Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22-26.

Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Micro Teaching. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama: Jakarta.

The George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructional Module Project-Based Learning. (online). tersedia: http/www.edutopia.org/moduls/pbl/project-based-learning

Thomas, J.W. (2000). A Review of the Research on Project-Based Learning. Diakses di http://www.bobpearlman.org/ pada tanggal 29 agustus 2018

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wahid, P. (2020). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) https://guraru.org/guru-berbagi/kelebihan-dan-kekurangan-pembelajaran- berbasis-proyekproject-based-learning/

Widyantini, Th. ( 2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. PPPPTK. Matematika: Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-11-01