Author Guidelines
Abstrak:
ditulis maksimal 250 kata yang menggambarkan garis umum/keseluruhan review hasil penelitian, metodologi, dan hasil yang diperoleh. Abstrak ini dapat ditulis dalam Bahasa Inggris jika makalah ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia jika makalah ditulis dalam Bahasa Inggris. Dengan menggunakan huruf (font) Tahoma 10.
Pendahuluan
Naskah yang diajukan berbahasa Indonesia berupa artikel ilmiah hasil penelitian, catatan penelitian, review dan studi pustaka yang dilengkapi dengan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan ke-SD-an dan/atau penggabungan dengan bidang lain yang relevan. Naskah yang diajukan belum pernah dipublikasikan.
Naskah diketik dengan menngunakan huruf Tahoma (Microsoft Word) dengan ukuran 11 pada kertas A4, 1,15 spasi, dua kolom, dengan menggunakan ukuran batas atas dan bawah 3 cm, batas kanan dan dan kiri 2,75 cm dengan jumlah maksimum keseluruhan 15 halaman, sudah termasuk tabel dan gambar dan daftar pustaka.
Pada bagian ini dijelaskan bagian dasar dari makalah yang ditulis, yang mencakup uraian singkat tentang latar belakang, permasalah penelitian, tujuan penelitian dan manfaat penelitian.
Bagian-bagian yang dimaksud di atas tidak harus diuraikan dalam bentuk poin-poin terpisah. Ketajaman bagian ini merupakan pondasi bagi reviewer untuk menilai naskah yang dikirim.
LandasanTeori
Pada bagian ini uraikan secara singkat dan jelas tentang ide, konsep, uraian, contoh, data (bila ada), terdiri atas beberapa sub judul. Landasan teori ini digunakan sebagai pendukung hasil penelitian dan pembahasan.
Metode
Pada bagian ini menjelaskan metode yang digunakan dalam penelitian, pendekatan studi literature (review) yang dilakukan dan pendekatan-pendekatan lain yang dianggap perlu untuk memperkuat naskah yang dipublikasikan.
Hasil dan Pembahasan
Secara singkat dan jelas uraikan hasil yang diperoleh dan dilengkapi dengan pembahasan yang mengupas tentang hasil yang telah didapatkan dengan teori pendukung yang digunakan.
Penutup
Kesimpulan akhir yang diperoleh dan saran perbaikan yang dianggap perlu ataupun penelitian lanjutan yang relevan.
Daftar Rujukan
Daftar Pustaka ditulis mengacu kepada standar APA dengan panduan sebagai berikut.
Buku:
Agustin, M. & Syaodih. (2008). Bimbingan konseling untuk anak usia dini. Jakarta:UniversitasTerbuka.
Brabender, V., &Fallon, A. (2009).Group development in practice: guidance for clinicians and researchers on stages and dynamics of change. Washington, DC: American Psychological Association.
Artikel in Press:
Lyznicki, J.M., Young,D.C., Riggs, J. A., Davis,R.M., & Dickinson, B. D. (2001). Obesity: Assessment and management in primary care. American Family Physician, 63(11), 2185-2196.
Jurnal:
Hodgson, J., & Weil, J. (2011). Commentary: How Individual and Profession-level Factors Influence Discussion of Disability in Prenatal Genetic Counseling. Journal of Genetic Counseling, 1-3.
Fariq Azzaki. (2011). Perkembangan Dunia Konseling Memasuki Era Grobalisasi. Pedagogi, II November 2011 (Universitas Negeri Padang),255-262.
Review:
Khan, A., Okwun, &Kalu, C. (2011). Psychology and counseling responsibilities for continuous assessment in Malaysian school system. Scientific Research and Essays, 6 (11), 2259-2263.
Web Pages:
Syawal Maarif. (2011). Strategi menghadapi klien dalam proses konseling individual. Diakses 12 November 2011, dari www.konseling-indonesia.com/Strategi_Menghadapi_Klien_dalam_Proses-Konseling-Individual.pdf