Author Guidelines

Abstrak:

ditulis maksimal 250 kata yang menggambarkan garis umum/keselu­ruhan review  hasil penelitian,  metodologi,  dan hasil yang diperoleh.  Abstrak  ini dapat ditulis  dalam  Bahasa  Inggris  jika  makalah  ditulis  dalam  Bahasa  Indonesia dan Bahasa Indonesia jika makalah ditulis dalam Bahasa Inggris. Dengan menggunakan  huruf (font) Tahoma 10.

 

Pendahuluan

Naskah yang diajukan berbahasa Indonesia berupa artikel ilmiah hasil pene­litian, catatan penelitian, review dan studi pustaka yang  dilengkapi dengan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan ke-SD-an dan/atau penggabungan dengan bidang lain yang relevan. Naskah yang diajukan belum pernah dipublikasikan.

Naskah diketik dengan mennguna­kan huruf Tahoma (Microsoft Word) dengan ukuran 11 pada kertas A4,  1,15  spasi,  dua  kolom,  dengan meng­gunakan ukuran batas atas dan bawah 3 cm, batas kanan dan dan kiri 2,75 cm dengan jumlah maksimum keseluruhan 15 halaman, sudah termasuk tabel dan   gambar  dan daftar pustaka.

Pada bagian ini dijelaskan bagian dasar dari makalah yang ditulis, yang mencakup uraian singkat tentang latar belakang, permasalah penelitian, tujuan penelitian dan manfaat penelitian.

Bagian-bagian yang dimaksud di atas tidak harus diuraikan dalam bentuk poin-poin terpisah. Ketajaman bagian ini merupakan pondasi bagi reviewer untuk menilai naskah yang dikirim.

 

LandasanTeori

Pada bagian ini uraikan secara sing­kat dan jelas tentang ide, konsep, uraian, contoh, data (bila ada), terdiri atas bebe­rapa  sub judul.  Landasan teori  ini  digu­nakan sebagai pendukung hasil penelitian dan pembahasan.

 

Metode

Pada bagian ini menjelaskan metode yang digunakan dalam penelitian, pende­katan studi literature (review) yang dila­kukan dan pendekatan-pendekatan lain yang dianggap perlu untuk memperkuat naskah yang dipublikasikan.

 

Hasil dan Pembahasan

Secara singkat dan jelas uraikan hasil yang diperoleh dan dilengkapi dengan pembahasan yang mengupas tentang hasil yang telah didapatkan dengan teori pendukung yang diguna­kan.

 

Penutup

Kesimpulan akhir yang diperoleh dan saran  perbaikan yang dianggap perlu  ataupun penelitian lanjutan yang relevan.

 

Daftar Rujukan

Daftar  Pustaka ditulis  mengacu kepada standar APA  dengan panduan sebagai berikut.

Buku:

Agustin, M. & Syaodih. (2008). Bimbinan  konseling untuk  anak usia dini. Jakarta:UniversitasTerbuka.

Brabender, V., &Fallon, A. (2009).Group development in practice: guidance for clinicians anresearchers  on stages andynamics of change.  Washington, DC: American Psychological Association.

Artikel in Press:

Lyznicki, J.M., Young,D.C., Riggs, J. A., Davis,R.M., & Dickinson, B. D. (2001).   Obesity: Assessment and management  in primary care. American Family Physician, 63(11), 2185-2196.

 

Jurnal:

Hodgson,  J., & Weil, J. (2011). Commentary: How Individual anProfession-level Factors Influence Discussion of Disability in Prenatal Genetic Counseling. Journal of Genetic Counseling, 1-3.

Fariq Azzaki. (2011). Perkembangan Dunia Konseling Memasuki Era Grobalisasi.  Pedagogi,  II  November  2011  (Universitas Negeri Padang),255-262.

Review:

Khan, A., Okwun, &Kalu, C. (2011). Psychology and counseling responsibilities for continuous assessment in Malaysian school system. Scientific Research anEssays, 6 (11), 2259-2263.

Web Pages:

Syawal Maarif. (2011). Strategi meng­hadapi klien dalam proses konseling individual.  Diakses 12 November 2011, dari www.konseling-indonesia.com/Strategi_Menghadapi_Klien_dalam_Proses-Konseling-Individual.pdf