Kevalidan Instrumen Penilaian Berbentuk Soal Objektif Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Berorientaso HOTS bagi Siswa Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar berbentuk soal objektif berorientasi HOTS berupa soal pilihan ganda yang dapat digunakan pada tema 7 subtema indahnya keragaman budaya negeriku di kelas IV yang telah diuji kevalidannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan modifikasi 3D Define (pendefinisian, Design (perancangan) dan Develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan lembar validasi. Analisis data dilakukan menggunakan validitas logis. Berdasarkan hasil analisis validitas logis dapat disimpulkan bahwa penelitian menunjukkan soal HOTS sebanyak 50 soal yang dinyatakan sangat valid dengan persentase 96,3%. Sehingga soal dapat digunakan untuk melihat tingkat pemahaman dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV sekolah dasar.
References
Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4.(2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
Dewa, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Bentuk Soal Objektif Pada Tema 3 Subtema “Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?” Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Di Kelas V SDN 7 LUBAI ULU SKRIPSI oleh. Universitas Sriwijaya , 1-4.
Fajrina, S., dkk. (2022). Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Kelas VIII pada Tema Makananku Kesehatanku. PENDIPA Journal of Science Education. 6 (1): 105-112.
Fuadah, SF, Patonah, S, & Nuroso, H. (2017) Pengembangan Instrumen Keterampilan Komunikasi Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. pdfs.semanticscholar.org, https://pdfs.semanticscholar.org/33ae/f92fad3255c8486e985b0868801f7c4221a5.pdf
Hildigardis, N (2019) Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi. ejournal.unib.ac.id, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jsn
Mahmudah, A. (2017). Pengembangan dan Uji Coba Instrumen Penilaian Hasil Belajar IPA SMP/MTS Kelas VII Pada Materi Karakteristik Zat. Journal Management System , 9 (1), 8-15.
Mubarok, H. (2019). HigH Order THinking Skill dalam Pembentukan karakter SiSwa Sekolah dasar di era induStri 4.0. Elementary , 7 (2), 216 - 229.
Muyassarah, A (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Motorik Siswa pada Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) …. Yogyakarta: Respository Universitas Ahmad …, eprints.uad.ac.id, http://eprints.uad.ac.id/15244/7/T1_1500007031_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Ndiung, S., & Judiut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi Pada Berpikir Tingkat Tinggi. ResearchGate , 10 (1), 94 - 111.
Nikmah, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliayah Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. EDUDEENA: Journal of Islamic , 3 (2), 79-90.
Nurholis, D., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Program Studi PGMI , 9 (1), 98-114.
Oktaviani, N. M., & Wulandari, I. (2019). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.
Supriyadi, G. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Widiastari, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Oerder Thinking Skill Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V sdn 40 Palembang. Universitas Sriwijaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oksa Amelia Oksa; Bunda Harini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dikirim ke portal ini akan digunakan secara khusus hanya untuk keperluan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk keperluan lain atau disebar ke pihak lain.