Ethnopedagogy in Pancasila Education Learning as an Alternative to Strengthen Global Diversity Insights for Elementary School Students
Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Sebagai Alternatif Penguatan Wawasan Kebhinekaan Global Bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36706/jisd.v12i1.94Keywords:
ethnopedagogy, wawasan kebhinekaan global, pendidikan pancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi etnopedagogi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila sebagai alternatif penguatan wawasan kebhinekaan global bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes, kemudian dianalisis secara induktif untuk memberikan makna mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan outing class seperti ikut serta tradisi dilingkungan sekitar dan kunjungan museum, memberikan pengalaman belajar yang konkret dan bermakna. Pendekatan ini memanfaatkan kearifan lokal, seperti budaya daerah dalam kurikulum dan program kreatif seperti Kamis Kreasi, yang memungkinkan siswa memahami nilai Pancasila secara kontekstual. Siswa menjadi lebih antusias, dapat memahami toleransi, serta mampu menghargai keberagaman budaya. Oleh karena itu, etnopedagogi efektif menciptakan pembelajaran yang relevan dan interaktif, sehingga membentuk karakter siswa yang toleran, menghargai perbedaan, dan bangga terhadap budaya lokal. Hal ini dapat memperkuat wawasan kebhinekaan global, mempersiapkan siswa untuk menghadapi era globalisasi tanpa kehilangan identitas budaya.
References
Akhmad, N. (2020). Ensiklopedia keragaman budaya. Alprin.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Bandura, A. (2023). Social cognitive theory: An agentic perspective on human nature. John Wiley & Sons.
Berliana, D., & Atikah, C. (2023). Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1108–1117. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963
Disvia, F. M. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. Universitas Jambi.
Falaq, Y., & Juhadi, J. (2023). Transformasi nilai-nilai sosial “gusjigang” melalui kajian etnopedagogi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1).
Irianto, A., & Rachmadtullah, R. (2023). Environmental Attitude dengan Science Process Skills Sekolah Dasar. Progressive of Cognitive and Ability, 2(3), 272–279.
Judijanto, L., Mawara, R. E., Winarto, B. R., Subakdi, S., Irawatie, A., Ikhwanudin, I., Hardiyanto, L., & Dameria, M. (2024). Pancasila: Dasar Negara dan Panduan Hidup Berbangsa. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Khoerunnisa, T. (n.d.). Etnopedagogi Pada Kegiatan Ekonomi Masyarakat Ciptagelar. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Marpaung, C., & Medan, U. N. (2023). Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dan Karakter Interitas Terhadap Kemampuan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. Tujuan Penelitian Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi Dan Karakter Integritas Terhadap Kemampuan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menganalisis: (1) Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi Terhadap Kemampuan, 7(2), 219–228.
Mihit, Y. (2023). Dinamika dan Tantangan dalam Pendidikan Pancasila di Era Globalisasi: Tinjauan Literatur. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 357–366.
Nurhikmah, C. (2023). Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Siswa Sekolah Dasar Menurut Howard Gardner Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 30–39.
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. A., & Wicaksono, J. W. (2023). The Exploration of Metaverse Technology Applications as learning media in Elementary Schools. 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022), 820–832.
Rachmadtullah, R., Tanod, M. J. T. M. J., Rasmitadila, R., Irawan, N., McNeilly, A., & Suharni, S. (2024). Elementary School Teachers’ Perspectives on Utilizing Artificial Intelligence for Developing Learning Media. Journal of Integrated Elementary Education, 4(1), 71–82.
Rahmadia, A. L. (2023). Relevansi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Prosiding National Conference for Ummah (NCU), 2(1), 371–376.
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Cahyana, U., & Wuryaningsih, T. (2020). The integration of ethnopedagogy in science learning to improve student engagement and cultural awareness. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 662–671.
Sofiyana, M. S., Ahdiyat, M., Iskandar, A. M., Hairunisya, N., Usriyah, L., Dwiantara, L., Ariani, B., Izzati, F. A., Muryani, E., & Gunawan, B. P. (2021). PANCASILA, Merdeka Belajar dan Kemerdekaan Pendidik. Unisma Press.
Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 93–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2888
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Chusnul Hidayah, Reza Rachmadtullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dikirim ke portal ini akan digunakan secara khusus hanya untuk keperluan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk keperluan lain atau disebar ke pihak lain.