Teacher Strategic Innovation Supports Learning and Communication of Speech-Impaired Children at SDN Susukan 07 Pagi

Inovasi Strategis Guru Mendukung Pembelajaran dan Komunikasi Anak Tuna Wicara di SDN Susukan 07 Pagi

Authors

  • Siti Rahmi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Arifah Rasyidah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nurul Hidayah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.36706/jisd.v12i1.92

Keywords:

Tuna wicara, Kesulian Belajar, Sekolah Dasar, Komunikasi

Abstract

Tuna wicara adalah individu dengan keterbatasan berbicara atau kesulitan menggunakan bahasa lisan dan komunikasi verbal secara normal. Penelitian ini mengkaji strategi guru dalam membantu anak tunawicara di sekolah dasar reguler non-inklusi mengatasi kesulitan belajar dan komunikasi. Dengan pendekatan fenomenologi, data dari kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V SDN Susukan 07 Pagi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa anak tunawicara menghadapi tantangan seperti kesulitan memahami perintah, menyampaikan ide, dan bekerja sama. Guru menggunakan metode diferensiasi, pendekatan intensif, materi tambahan, teknik berbisik, serta lembar kerja khusus untuk membantu siswa. Penelitian ini memberi wawasan bagi guru dalam menangani siswa tunawicara di lingkungan reguler.

References

Ahsin, M. N., Ristiyani, R., & Lusianti, D. (2019). Making Speech Therapy Aids for Children with Special Needs. In Proceeding of the 2nd International Conference Education Culture and Technology, ICONECT, 20–21. https://doi.org/10.4108/eai.20-8-2019.2288162

Akhmad, F., Ediansyah, P., Fitriah, J., Farameida, E., & Purwanto, J. (2021). Karakteristik dan Model Bimbingan atau Pendidikan Islam Bagi ABK Tuna Wicara. MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 156–163. https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.59

Andhini, N. F. (2017). Metodologi, Subjek, Dan Objek Penelitian. Journal of chemical information and modeling, 1689-1699.

Al Irsyadi, F. Y., Susanti, L. D., & Kurniawan, Y. I. (2021). Game Edukasi Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak Kelas 2 di Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.54082/jiki.7

Ali, A. (2022). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. JURNAL EKSPERIMENTAL : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 52–59. https://doi.org/10.58645/eksperimental.v10i2.219

Anwar, S. (2023). Bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam. ANATESA : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 13(2), 56–57. https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/8/7

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Grahito, W. A. (2016). Korelasi motivasi belajar dan gaya belajar dengan prestasi belajar ilmu alamiah dasar mahasiswa prodi PGSD. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 122–126. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/2768/3511

Inayah, N., Cahyaningtyas, A. P., & Kusumadewi, R. F. (2021). Interactive Pictorial Story as Learning Media for Third Grade Students. Profesi Pendidikan Dasar, 8(1), 35–47. https://doi.org/10.23917/ppd.v8i1.12299

Isroini, S. P., & Harsiwi, N. E. (2024). PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA GRAHITA DI SLB B DAN C KARYA BHAKTI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(1), 75–83. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.3820

Kareninsa, M., Marlina, L., & Andriani, O. (2024). Menganalisis Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tunawicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(2), 100–108. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nakula.v2i2.556

Khamdi, N., & Raja Adrafi, M. (2022). Sarung Tangan Cerdas Sebagai Translator Bahasa Isyarat untuk Tuna Wicara. Jurnal Elektro Dan Mesin Terapan, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.35143/elementer.v8i2.5485

Lazar, F. L. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 99–115. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.512

Lestari, N. H., Novianti, D., Zen, F., & Husna, D. (2024). Model Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Wicara di SLBN 1 Kulon Progo. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 200–213.

Listia, W. N. (2017). Anak sebagai makhluk sosial. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 01(01), 14–23. https://www.neliti.com/publications/75822/anak-sebagai-makhluk-sosial#cite

Maghfiroh, M. N., Andika, D. S., Pratiwi, L. T., Marcela, I. N., & Feza, A. A. (2022). Permasalahan Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 314–318. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.704

Maisura, M., Ulandary, Y., Murnaka, N. P., Azhari, D. S., Erliana, L., & Ahyani, E. (2023). Strategi Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Era Digital. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2733–2747. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.593

Martika, T. (2024). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresivitas Siswa Dengan Hambatan Emosi Dan Perilaku Di Surakarta. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(2), 80–85. https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1609

Marzoan, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/360

Maulana, Z. A., & Budiyono, A. (2024). Kajian Komunikasi dalam Sudut Pandang Studi Fenomenologi : Literatur Review. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 13(2), 198. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/translitera.v13i2.3645

Pasek Suyadnya, I. W., Wijaya Adi Candra, I. P., Agus Nugraha Ginarsa, N., & Suartika, I. M. (2018). Alat Bantu Komunikasi Terintegrasi bagi Penyandang Tuna Wicara Berbasis Sensor Gerak dan OpenWrt. Jurnal SPEKTRUM, 5(2), 176–182. https://doi.org/10.24843/spektrum.2018.v05.i02.p22

Pranoto, B., & Muallifah, M. (2022). The Role of The Inclusion Class Teacher in Guidance and Counseling for Child with Special Needed (Case Study at Islamic SDI Aisyah, Jatinom Blitar). JARES (Journal of Academic Research and Sciences), 7(2), 26–31. https://doi.org/10.35457/jares.v7i2.2412

Puspitaningtyas, A. R. (2020). Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 4 Kilensari. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 163–170. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.350

Salsabila, A. (2022). POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA TUNARUNGU (Studi Kasus Siswa Sekolah Dasar Di SLB-B Don Bosco Wonosobo). ARKANA Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.62022/arkana.v1i01.2825

Sapitri, E., Inayah, F., Munawaroh, I., Rendi, R., Aprilia, R., & Dini, V. N. (2024). Peran Guru Dalam Memberikan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 28–32. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.11101295

Satar, A., Raynaldi, A., & Putri, D. A. (2024). Klasifikasi Emosional Anak Berkebutuhan Khusus Secara Akademik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 44–52. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2696

Sitepu, N. A. S., & Ok, A. H. (2023). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI NO. 104274 PEMATANG KASIH KECAMATAN PANTAI CERMIN KABUPATEN SERDANG BERDAGAI. Jurnal Kependidikan Islam, 13(02), 26–35. https://doi.org/0.15642/jkpi.2023.13.2.26-35

Stanislausia Liem, S. (2024). Peningkatan Kualitas Guru Sekolah Penyelenggara PendidikanInklusif dan Terapis di Kota Surakarta. Jurnal Abdi Rakyat, 1(1), 50–58. https://bbgpjabar.kemdikbud.go.id/permasalahan-pendidikan-inklusif-di-

Travelancya D.P, T. (2022). Analisis Kebutuhan Dan Perilaku Abk Tunawicara Dalam Pembelajaran Matematika Di Sdlb Pgri Wonoasih Probolinggo. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 142–150. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.801

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Widiastuti, L., & Laksmiwati, M. (2023). Sejarah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Menuju Inklusi. Jurnal Arsip Akademik, 04(02), 131–135. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Downloads

Published

2025-05-05