Teacher Strategic Innovation Supports Learning and Communication of Speech-Impaired Children at SDN Susukan 07 Pagi
Inovasi Strategis Guru Mendukung Pembelajaran dan Komunikasi Anak Tuna Wicara di SDN Susukan 07 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.36706/jisd.v12i1.92Keywords:
Tuna wicara, Kesulian Belajar, Sekolah Dasar, KomunikasiAbstract
Tuna wicara adalah individu dengan keterbatasan berbicara atau kesulitan menggunakan bahasa lisan dan komunikasi verbal secara normal. Penelitian ini mengkaji strategi guru dalam membantu anak tunawicara di sekolah dasar reguler non-inklusi mengatasi kesulitan belajar dan komunikasi. Dengan pendekatan fenomenologi, data dari kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V SDN Susukan 07 Pagi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa anak tunawicara menghadapi tantangan seperti kesulitan memahami perintah, menyampaikan ide, dan bekerja sama. Guru menggunakan metode diferensiasi, pendekatan intensif, materi tambahan, teknik berbisik, serta lembar kerja khusus untuk membantu siswa. Penelitian ini memberi wawasan bagi guru dalam menangani siswa tunawicara di lingkungan reguler.
References
Ahsin, M. N., Ristiyani, R., & Lusianti, D. (2019). Making Speech Therapy Aids for Children with Special Needs. In Proceeding of the 2nd International Conference Education Culture and Technology, ICONECT, 20–21. https://doi.org/10.4108/eai.20-8-2019.2288162
Akhmad, F., Ediansyah, P., Fitriah, J., Farameida, E., & Purwanto, J. (2021). Karakteristik dan Model Bimbingan atau Pendidikan Islam Bagi ABK Tuna Wicara. MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 156–163. https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.59
Andhini, N. F. (2017). Metodologi, Subjek, Dan Objek Penelitian. Journal of chemical information and modeling, 1689-1699.
Al Irsyadi, F. Y., Susanti, L. D., & Kurniawan, Y. I. (2021). Game Edukasi Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak Kelas 2 di Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.54082/jiki.7
Ali, A. (2022). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. JURNAL EKSPERIMENTAL : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 52–59. https://doi.org/10.58645/eksperimental.v10i2.219
Anwar, S. (2023). Bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam. ANATESA : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 13(2), 56–57. https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/8/7
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Grahito, W. A. (2016). Korelasi motivasi belajar dan gaya belajar dengan prestasi belajar ilmu alamiah dasar mahasiswa prodi PGSD. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 122–126. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/2768/3511
Inayah, N., Cahyaningtyas, A. P., & Kusumadewi, R. F. (2021). Interactive Pictorial Story as Learning Media for Third Grade Students. Profesi Pendidikan Dasar, 8(1), 35–47. https://doi.org/10.23917/ppd.v8i1.12299
Isroini, S. P., & Harsiwi, N. E. (2024). PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA GRAHITA DI SLB B DAN C KARYA BHAKTI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(1), 75–83. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.3820
Kareninsa, M., Marlina, L., & Andriani, O. (2024). Menganalisis Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tunawicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(2), 100–108. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nakula.v2i2.556
Khamdi, N., & Raja Adrafi, M. (2022). Sarung Tangan Cerdas Sebagai Translator Bahasa Isyarat untuk Tuna Wicara. Jurnal Elektro Dan Mesin Terapan, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.35143/elementer.v8i2.5485
Lazar, F. L. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 99–115. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.512
Lestari, N. H., Novianti, D., Zen, F., & Husna, D. (2024). Model Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Wicara di SLBN 1 Kulon Progo. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 200–213.
Listia, W. N. (2017). Anak sebagai makhluk sosial. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 01(01), 14–23. https://www.neliti.com/publications/75822/anak-sebagai-makhluk-sosial#cite
Maghfiroh, M. N., Andika, D. S., Pratiwi, L. T., Marcela, I. N., & Feza, A. A. (2022). Permasalahan Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 314–318. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.704
Maisura, M., Ulandary, Y., Murnaka, N. P., Azhari, D. S., Erliana, L., & Ahyani, E. (2023). Strategi Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Era Digital. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2733–2747. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.593
Martika, T. (2024). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresivitas Siswa Dengan Hambatan Emosi Dan Perilaku Di Surakarta. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(2), 80–85. https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1609
Marzoan, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/360
Maulana, Z. A., & Budiyono, A. (2024). Kajian Komunikasi dalam Sudut Pandang Studi Fenomenologi : Literatur Review. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 13(2), 198. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/translitera.v13i2.3645
Pasek Suyadnya, I. W., Wijaya Adi Candra, I. P., Agus Nugraha Ginarsa, N., & Suartika, I. M. (2018). Alat Bantu Komunikasi Terintegrasi bagi Penyandang Tuna Wicara Berbasis Sensor Gerak dan OpenWrt. Jurnal SPEKTRUM, 5(2), 176–182. https://doi.org/10.24843/spektrum.2018.v05.i02.p22
Pranoto, B., & Muallifah, M. (2022). The Role of The Inclusion Class Teacher in Guidance and Counseling for Child with Special Needed (Case Study at Islamic SDI Aisyah, Jatinom Blitar). JARES (Journal of Academic Research and Sciences), 7(2), 26–31. https://doi.org/10.35457/jares.v7i2.2412
Puspitaningtyas, A. R. (2020). Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 4 Kilensari. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 163–170. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.350
Salsabila, A. (2022). POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA TUNARUNGU (Studi Kasus Siswa Sekolah Dasar Di SLB-B Don Bosco Wonosobo). ARKANA Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.62022/arkana.v1i01.2825
Sapitri, E., Inayah, F., Munawaroh, I., Rendi, R., Aprilia, R., & Dini, V. N. (2024). Peran Guru Dalam Memberikan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 28–32. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.11101295
Satar, A., Raynaldi, A., & Putri, D. A. (2024). Klasifikasi Emosional Anak Berkebutuhan Khusus Secara Akademik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 44–52. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2696
Sitepu, N. A. S., & Ok, A. H. (2023). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI NO. 104274 PEMATANG KASIH KECAMATAN PANTAI CERMIN KABUPATEN SERDANG BERDAGAI. Jurnal Kependidikan Islam, 13(02), 26–35. https://doi.org/0.15642/jkpi.2023.13.2.26-35
Stanislausia Liem, S. (2024). Peningkatan Kualitas Guru Sekolah Penyelenggara PendidikanInklusif dan Terapis di Kota Surakarta. Jurnal Abdi Rakyat, 1(1), 50–58. https://bbgpjabar.kemdikbud.go.id/permasalahan-pendidikan-inklusif-di-
Travelancya D.P, T. (2022). Analisis Kebutuhan Dan Perilaku Abk Tunawicara Dalam Pembelajaran Matematika Di Sdlb Pgri Wonoasih Probolinggo. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 142–150. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.801
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Widiastuti, L., & Laksmiwati, M. (2023). Sejarah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Menuju Inklusi. Jurnal Arsip Akademik, 04(02), 131–135. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Rahmi, Arifah Rasyidah, Nurul Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dikirim ke portal ini akan digunakan secara khusus hanya untuk keperluan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk keperluan lain atau disebar ke pihak lain.