Analysis of the Impact of Technology Use on Students' Digital Literacy in Elementary Schools

Analisis Dampak Penggunaan Teknologi terhadap Literasi Digital Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhamad Sudharsono Universitas Pelita Bangsa
  • Dinar Sulis Al Saepi Universitas Pelita Bangsa
  • Firda Meliawati Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Nabila Azzahra Chandra Universitas Pelita Bangsa
  • Siti Komariyah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.36706/jisd.v12i1.89

Keywords:

Literasi Digital, Teknologi, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan teknologi berdampak pada literasi digital siswa di sekolah dasar. Literasi digital adalah keterampilan yang sangat penting bagi siswa di era teknologi modern. Ini mencakup kemampuan untuk menemukan, menyebarkan, dan memanfaatkan informasi dari berbagai sumber teknologi. Penelitian ini melakukan wawancara dengan tiga sumber yang berbeda. Penelitian menunjukkan bahwa, terutama di era modern, penggunaan teknologi seperti tablet dan komputer membantu siswa memahami literasi digital. Namun, penelitian ini juga menemukan konsekuensi negatifnya, seperti kemungkinan siswa menjadi kecanduan teknologi. Menurut penelitian ini, peran orang tua dan guru sangat penting dalam membantu siswa belajar literasi digital. Terlepas dari kenyataan bahwa teknologi memungkinkan peningkatan literasi digital, masalah saat ini harus ditangani dan orang tua, siswa, dan guru harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik.

References

Ardiningrum, N., & Safitri, D. (2024). JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Game Edukasi Terhadap Pembelajaran IPS (Kajian Literatur) Effectiveness of Educational Game Learning Model on Social Studies Learning (Literature Review). JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 3083-3089.

Cynthia, R., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambunsai, 7(3), 31712-31723.

Delsi Samsumar, L., Marjan Saputra, A., Puspita Kembang, L., & Kalbuadi, A. (2022). MEMBANGUN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN SISWA SD/MI, SMP/MTs DI DESA SETILING KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Jurnal Abdimas Darma Bakti, 1(1), 8-17.

Dewi, D., Hamid, S., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249-5257.

Handiyani, M., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408-414.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.

Maphosa, C., & Bhebhe, S. (2019). DIGITAL LITERACY: A MUST FOR OPEN DISTANCE AND E-LEARNING (ODEL) STUDENTS. European Journal of Education Studies, 186-199.

Mirnawati, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I PGSD UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 84-97.

Ningrum, S., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1500-1511.

Regina Cahyani, P., Puspa Ardini, P., & Juniarti, Y. (2024). Pengembangan Media Rumah Pelajar Pancasila dalam Mengenalkan Keberagaman pada Anak Usia Dini di Tk Permata Sunnah Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 197-206.

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 176-160.

Sentoso, A. e. (2021). PENTINGNYA LITERASI DALAM ERA DIGITAL BAGI MASA DEPAN BANGSA. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 767-776.

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532-542.

Tutut Arima, M., Amaliyah, N., Abustang, P., & Alam, S. (2021). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD INPRES BANGKALA III KOTA MAKASSAR FKIP Universitas Megarezky 2) PGSD FKIP Universitas Megarezky. Jurnal Pendas Mahakam, 6(2), 105-110.

Downloads

Published

2025-05-05