Application of the Cooperative Learning Model of the Team Games Tournament (TGT) Type Assisted by Mystery Boxes and Cards on Social Studies Learning Outcomes
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Kotak dan Kartu Misterius Terhadap Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.36706/jisd.v12i1.60Keywords:
Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Kotak dan Kartu Misterius, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan gambaran peningkantan hasil belajar IPS setelah diterapkan model Teams Games Tournamet (TGT) berbantuan media kotak dan kartu misterius; 2) mendapatkan gambaran respon siswa setelah di terapkan model Teams Games Turnamet (TGT) berbantuan media kotak dan kartu misterius. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan Pre-experimental design, dan bentuk one grup pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Sebubus dengan jumlah siswa 21 orang. Kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga sampel yang digunakan berjumlah 21 siswa kelas V SDN 4 Sebubus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes menggunakan lembar tes hasil belajar IPS ranah kognitif, serta teknik non tes menggunakan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) berbantuan kotak dan kartu misterius. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata pada uji N-Gain yaitu sebesar 0,71 diklasifikasikan pada kategori tinggi; 2) rata-rata hasil persentase respon siswa keseluruhan yaitu 72% dengan kriteria tinggi.
References
Budiasa, P. dan I K. Gading. 2020. “Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA”. Mimbar PGSD Undiksha. Volume 8, Nomor 2 (hlm. 253-263).
Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60- 68. http://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pacas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jleb: Journal Of Law, Education And Business, 1(2), 102-108. http://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Ilham, M. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Game Tournament) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Dan Self Efficacy Siswa Skripsi. Cirebon: Iain Syekh Nurjati Cirebon http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8900
Makrifah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalikutuk. BASIC EDUCATION, 9(3), 218-227. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68633
Philia Turnip, S., Novianti Sihombing, L., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Kelas V Sd Negeri Percontohan Pematang Siantar. Journal On Education, 6(1), 2879-2890. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3331
Siregar, E., Panjaitan, M., & Sitio, H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Word Square terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 1989-2000. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8485
Slavin. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1-3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6917
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. (Cet. 3). Alfabeta, Bandung. Isbn 978-602-289-533-6
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heru Anugrah, Rini Setyowati, Wasis Suprapto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dikirim ke portal ini akan digunakan secara khusus hanya untuk keperluan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk keperluan lain atau disebar ke pihak lain.