Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV melalui Penerapan Metode Drill dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching
DOI:
https://doi.org/10.36706/jisd.v11i1.25Keywords:
Learning Outcomes, Mathematics, Drill Method, Culturally Responsive TeachingAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar muatan pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart sehingga dilakukan sebanyak 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan yang berjumlah 34 siswa. Sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan pada rata-rata kondisi awal sebelum dilaksanakan penelitian yaitu 63 dengan persentase ketuntasan klasikal 44%. Hasil belajar meningkat pada siklus I dengan rata-rata menjadi 80 dan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa 82%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa menjadi 89 dan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa 97%. Maka, penerapan metode drill dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Metode Drill, Culturally Responsive Teaching
References
Andina, R., Laranti, M., & Waty, E. R. K. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi FPB Dan KPK di Kelas V SD Plus IGM Palembang. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 10(2), 121–132. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/121-132
Amin, & Sumendap, L. Y. (2022). Model Pembelajaran Kontemporel. Yogyakarta: Pusat Penerbitan LPPM.
Ariani, Y., Helsa, Y., & Ahmad, S. (2020). Model Pembelajaran Inovatif untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah . Yogyakarta: CV Budi Utama.
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur : Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4325–4336. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800
Fathonah, A., Huda, S., & Firmansah, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 248–257. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6508
Hardiana, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar Ipas Melalui Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 01 Sumbersari. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 2394-2405. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.983
Hartati, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Drill Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 014 Jamik Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(6), 908-920.
Hermawan, J. S., Surahman, M., Rini, R., Amaliyah, F., & Fitria, M. (2023). Pengaruh Minat Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan. 10(2), 94–105.
Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354
Mare, R. S., Bistari, & Halidjah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Drill Di Kelas IV E Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(5), 1-9.
Maulana, & Mediatati, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 153–163. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi
Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). Belajar dan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Lamongan: Nawa Litera Publishing.
Redasi, L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Melalui Penerapan Metode Drill. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 296–301. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS
Safitri, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem-Based Learning / PBL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Innovation Science and Knowledge, 1(1), 176–184.
Shabrina, K. L. N., Hayat, M. S., & Handoyo. (2023). 167. Pembelajaran Berbasis Etno-Bioedugame dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Reproduksi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1517–1525. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4140
Sukarsana, I. (2023). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52131
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.
Sutarni, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Metode Drill. Jurnal Pena Edukasi, 7(1), 1–8. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPE
Wahira, Mus, S., & Hastuti, S. (2024). Pelatihan Pelaksanaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 117–123.
Widyastuti, E., Sahabuddin, E. S., & Latif, R. A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas II SD. Pinisi Journal Pendidikan Guru, 2(1), 115–122.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devi Apriliawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dikirim ke portal ini akan digunakan secara khusus hanya untuk keperluan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk keperluan lain atau disebar ke pihak lain.