Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Word Puzzle Berbasis Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Deffa Rafli Haikal Universitas Negeri Jakarta
  • Prayuningtyas angger wardhani Universitas Negeri Jakarta
  • Herlina Usman Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

word puzzle, bahasa Indonesia, saintifik

Abstract

Media pembelajaran word puzzle berbasis saintifik merupakan sebuah media pembelajaran yang memuat materi mengenai struktur kalimat pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap media word puzzle untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis kalimat, serta mengetahui kelayakan media ini dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur model pengembangan ADDIE yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation , and Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada 1 Guru dan 25 siswa kelas 2 SDN Kebon Kosong 02. Hasil dari penelitian ini adalah media word puzzle sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat.

References

Abdullah. (2017). PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA. Edureligia, 1(1), 45–62.

Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PENERAPAN MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29–33.

Delviani, D., Djuanda, D., & Hanifah, N. (2016). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DALAM MENENTUKAN PIKIRAN POKOK. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 91–100.

Gede, I., Mahendra, R., Widiana, W., Made, I., & Wibawa, C. (2021). Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil BelaJar Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 242–249. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Ghozali, I. (2017). PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pedagogik, 04(01).

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Mayadiantoro, A. (2021). Model model penelitian pengembangan. Jurnal Pengembanagn Profesi Pendidik Indonesia, 1(2), 29-35.

Oktaviani, D. T., Rohana, S., Intiana, H., & Hakim, M. (2023). Pengembangan Media Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue), 300–305. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4315

Suparlan. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 245–258. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Widodo, A., Rachmatul Hidayati, V., Fauzi, A., Erfan, Mu., & Indraswarti, D. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 6(1), 106–115. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2050

Downloads

Published

2024-05-31