Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Word Puzzle Berbasis Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Keywords:
word puzzle, bahasa Indonesia, saintifikAbstract
Media pembelajaran word puzzle berbasis saintifik merupakan sebuah media pembelajaran yang memuat materi mengenai struktur kalimat pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap media word puzzle untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis kalimat, serta mengetahui kelayakan media ini dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur model pengembangan ADDIE yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation , and Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada 1 Guru dan 25 siswa kelas 2 SDN Kebon Kosong 02. Hasil dari penelitian ini adalah media word puzzle sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat.
References
Abdullah. (2017). PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA. Edureligia, 1(1), 45–62.
Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PENERAPAN MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29–33.
Delviani, D., Djuanda, D., & Hanifah, N. (2016). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DALAM MENENTUKAN PIKIRAN POKOK. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 91–100.
Gede, I., Mahendra, R., Widiana, W., Made, I., & Wibawa, C. (2021). Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil BelaJar Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 242–249. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Ghozali, I. (2017). PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pedagogik, 04(01).
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Mayadiantoro, A. (2021). Model model penelitian pengembangan. Jurnal Pengembanagn Profesi Pendidik Indonesia, 1(2), 29-35.
Oktaviani, D. T., Rohana, S., Intiana, H., & Hakim, M. (2023). Pengembangan Media Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue), 300–305. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4315
Suparlan. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 245–258. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Widodo, A., Rachmatul Hidayati, V., Fauzi, A., Erfan, Mu., & Indraswarti, D. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 6(1), 106–115. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2050
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deffa Rafli Haikal; Prayuningtyas angger wardhani, Herlina Usman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dikirim ke portal ini akan digunakan secara khusus hanya untuk keperluan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk keperluan lain atau disebar ke pihak lain.