Pengembangan Media Reatmart (Ready to Smart) sebagai Alat Bantu Membaca Permulaan di Sekolah Dasar

Authors

  • Risdaliani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi
  • Irma Suryani Pendidikan Bahasa dan Sasatra Indonesia, Universitas Jambi
  • Khoirunnisa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi
  • Risdalina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36706/jisd.v11i1.15

Keywords:

Pengembangan Media, Media Pembelajaran, Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media Reatmart (Ready to Smart) sebagai alat bantu membaca permulaan di sekolah dasar, (2) Mendeskripsikan kevalidan media ajar Reatmart (Ready to Smart) sebagai alat bantu membaca permulaan di sekolah dasar, (3) Mendeskripsikan kepraktisan media Reatmart (Ready to Smart) sebagai alat bantu membaca permulaan di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan berupa media Reatmart sebagai alat bantu membaca permulaan di sekolah. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan DDD-E (decide, design, develop, evaluate). Data penelitian diperoleh dari validasi materi,validasi media serta diperoleh juga data dari angket respon guru dan wawancara peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa validasi dari penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,17 dengan kategori valid, dari penilaian ahli media memperoleh nilai rata-rata 4,71 dengan kategori sangat valid. selanjutnya hasil dari penilaian angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 4,77. Kepraktisan juga dilihat dari respon peserta didik, dapat diartikan bahwa media Reatmart sangat praktis digunakan sebagai alat bantu membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat didapatkan dapat disimpulkan bahwa media Reatmart sebagai alat bantu membaca permulaan di sekolah dasar ini sangat valid dan praktis. Media Reatmart (Ready to Smart) yang dikembangkan layak digunakan dalam proses belajar membaca.

References

Anam, K., Mustaji, M., & Fatirul, A. N. (2021). Pengembangan E – Learning Dengan Model Ddde Di Sman 3 Mojokerto. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 213–218. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.1976

Feriyanti, N. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika untuk Siswa SD. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.

Harianto, Erwin. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika, 9(1), 1.

Herlina, E. S. (2020). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Journal of Science Education Research, 5(4), 11–14.

Kemendikbud (2019). Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kemendikbud

Larasati, Dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Suite 9 Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 11 No 01(2022): JPTE Januari 2022.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3. 907

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Jurnal Ilmiah Pgmi, 5(2), 143-164.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rohman.Yusuf Abdul, Rahman, Damayanti. Vismaia S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Satu DiSekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(3),5389.

Saputro. Kuncoro Adi, Sari. Christina Kartika, Winarsi Sw. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5),1911.

Simbolon. Redina. (2019). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda), 2(2), 67.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA

Suttrisno & Puspitasari. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca Dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2),84.

Tegeh, I.M., Jampel, I. nyoman & Pudjawan, ketut (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2024-05-31